-->

Ayam Saus Padang atau Resep Ayam Saus Padang

Ayam Saus Padang
Ayam Saus Padang atau Resep Ayam Saus Padang


Ayam Saus Padang atau Resep Ayam Saus Padang merupakan sajian nusantara yang bercitarasa pedas dengan tambahan bumbu rempah-rempah spesial asli nusantara. Resep saus padang ini menggunakan resep asli dari bahan utama cumi beserta saus yang banyak. Namun material utama cumi ini bisa kita ganti dengan material utama daging ayam yang mempunyai rasa hampir sama dengan cumi.


Ayam bumbu saus Padang ini memiliki citarasa yang sangat nikmat serta lezat. Perpaduan antara daging ayam goreng yang krispi dan renyah serta bumbu saus padang yang kental, gurih dan pedas menjadikan suguhan ini sesuai bila dihidangkan berbarengan nasi putih hangat yang sudah tersedia di meja makan. Dan jika anda suka mengkonsumsi ayam saus padang ini, anda bisa menjadikannya sebagai cemilan yang mengenyangkan loh.


Baca Juga : Ayam Crispy atau Resep Olahan Ayam Crispy


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa daftar masakan yang terbuat dari material dasar daging ayam memang mendapatkan tempat istimewa dihati keluarga Indonesia. Perihal ini sesuai dengan survei yang dilakukan sama Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018, yang melaporkan kalau ayam merupakan basis pangan yang sudah diketahui sama warga Indonesia, apalagi dunia. Keterangan tersebut diikuti beserta kenaikan mengkonsumsi daging ayam pada warga Indonesia, yakni sebanyak 2,14 juta ton yang jumlahnya selalu bertambah. Bermacam-macam olahan ayam yang telah tersebar dijual di warung tenda hingga restoran yang telah kita nikmati misalnya aja semacam; ayam goreng, sate ayam, ayam bakar maupun ayam goreng tepung saus padang.


Baca Juga : Ayam Kecap Manis Pedas, Simple dan Mudah Dibuat!


Selain menyimpan cita rasa nikmat dan legit, chicken saus padang juga memiliki nilai gizi yang benar-benar baik bagi  tubuh. Seorang pakar nutrisi Chris Mohr asal Amerika Serikat menyebutkan kalau ayam mempunyai keunggulan nilai gizi tertentu. Nilai gizi pada ayam misal contohnya bobot 100gr daging ayam mempunyai nilai protein yang banyak yaitu seberat 18gr. 


Akan tetapi nilai gizinya bukan cuma protein saja, ada beberapa sumber gizi lainnya misal kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan juga beberapa vitamin yang terkandung pada ayam. Sementara muatan vitamin yang berada pada daging ayam misalnya kaya vitamin C, vitamin B1, vitamin D, vitamin B-  12, vitamin A, vitamin K, asam folat, serta riboflavin dan niacin. Jadi anda enggak usah ragu serta khawatir lagi ya, jika memakan daging ayam tiap hari sebab pengaruhnya benar-benar baik serta menyehatkan bagi badan kita.


Baca Juga : Rendang Basah Ayam Kampung, Lezat, Istimewa, dan Ekonomis


Nah buat anda pecinta masakan dengan rasa pedas, bumbuu bubuk akan merekomendasikan resep masakan ayam saus padang ini buat anda coba sendiri dirumah, silahkan dilihat resepnya dibawah ini ya.


Bahan :

  • 24 keping paha ayam
  • 6 buah bombay dipotong memanjang
  • 6 ruas jahe
  • 12 lembaran daun jeruk potong tipis-tipis
  • 24 sendok makan saus tomat
  • 18 sendok makan saos Bangkok
  • Gula, garam, kaldu serta lada halus seperlunya
  • Air seperlunya
  • Minyak sayur seperlunya


Baca Juga : Chicken Pok-pok Bumbu Kari ala Buatan Sendiri


Bumbu Ungkep, Haluskan :

  • 12 biji bawang putih
  • 12 sendok teh ketumbar bubuk
  • Air seperlunya


Bumbu, Haluskan :

  • 24 biji bawang merah
  • 12 biji bawang putih
  • 30 buah cabe merah kriting


Baca Juga : Ayam Asam Manis ala Restoran Cina


Cara Membuat :

    1. cucilah ayam hingga bersih kemudian ungkep menggunakan bumbu ungkep.
    2. selanjutnya biarkan wajan berisi minyak sayur, kira-kira sampai permukaan ayam terendam minyak sampai menjadi panas, sesudah itu gorenglah ayam hingga golden brown, kemudian ambil serta biarkan ayam diatas serokan sampai tiris.
    3. selanjutnya oseng komplemen yang sudah halus sampai wangi, kemudian cemplungkan jahe serta daun jeruk, setelah itu oseng kembali sampai alum, selanjutnya tambahkan saos tomat, saos Bangkok, garam, lada, serta kaldu bubuk, kemudian campur semuanya.
    4. setelah komplemen merata lalu cemplungkan bawang bombay serta daun bawang, setelah itu koleh kembali sampai merata serta alum, selanjutnya kasih air seperlunya saja, kemudian cicipi rasanya
    5. bila rasanya telah pas dilidah cemplungkan ayam, kemudian aduk sampai merata bersama saus, setelah semua rata tercampur lalu ambil dan sajikan
    LihatTutupKomentar