-->

Ayam Betutu, Makanan Khas Bali yang kaya dengan Bumbu

Ayam Betutu
Ayam Betutu, Makanan Khas Bali yang kaya dengan Bumbu


Ayam Betutu, ayam khas bali diketahui menjadi satu diantara makanan spesial bali yang cukup terkenal serta paling banyak diminati. Betutu bermula dari sebutan 'be' yang artinya daging, sedangkan 'tutu' bermula dari sebutan tunu yang memiliki arti dibakar atau dipanggang. Jadi berdasarkan uraian kata diatas betutu mengandung pengertian daging yang dibakar. Daging yang biasa digunakan, tidak hanya daging ayam kampung bisa juga menggunakan daging bebek untuk dimasak menjadi betutu.


Baca Juga : Kare Ayam Kuning dengan Santan


Ayam betutu Spesial Bali dibikin menggunakan seekor daging ayam yang sudah dicuci bersih, selanjutnya olesi setengah dari bumbu betutu ke semua lapisan luar daging ayam, yang diketahui bernama base genep sementara setengah bumbu betutunya lagi diletakkan di dasar rongga perut. Setelah rongga perut ayam diletakkan bumbu betutu Bali, langkah selanjutnya yaitu merebusnya ataupun bisa terus dibakar sampai mendapatkan bau yang spesial.


Bau spesial betutu yang tercium dikarenakan oleh energi panas yang mengakibatkan air serta lemak daging berantai pendek turut menguap. Bila uap yang didapatkan lebih banyak, maka baunya juga akan bertambah kuat serta enak. Hidangan tradisional wilayah Bali ini umumnya dihidangkan pada waktu upacara keagamaan serta upacara adat semacam odalan, otonan, ataupun perkawinan. Namun kini hidangan ini sudah dijual di kedai-kedai makanan hingga restoran.


Baca Juga : Ayam Rica Rica atau Bumbu Rica Rica Ayam Kampung


Teknik pengolahan memasak ayam betutu ala tradisional dikerjakan melalui cara memasak daging ayam kampung ataupun bebek yang telah dibungkus daun pinang terus disekam didalam tanah menggunakan api layaknya di oven selama berjam-jam sepanjang delapan hingga sepuluh jam lamanya. Namun walaupun masak ayam betutu membutuhkan waktu yang panjang, memasak melalui teknik tradisional seperti ini dapat menjadikan bumbu genep ayam betutu meresap sempurna sehingga menghasilkan hidangan yang memiliki cita rasa istimewa.


Baca Juga : Ayam Bakar Wong Solo Lengkap dengan Sambal Korek


Seiring perkembangan jaman, kini cara mengolah ayam betutu melalui teknik tradisional sudah mulai berganti ke arah yang lebih modern. Mengolah ayam betutu melalui cara modern enggak lagi membutuhkan waktu yang lama. Proses cara buat ayam betutu modern dikerjakan melalui cara direbus sampai matang atau bisa dimasak melalui cara di presto yang bisa memproses kematangan daging hanya dengan 5 jam saja. Daging ayam dapat segera empuk. Kemudian ayam dimasak melalui cara dipanggang.


Akan tetapi sesudah merebus ayam, ada yang memasaknya melalui kebiasaan menggoreng ataupun membakarnya. Memasak melalui teknik menggoreng, sangat disukai oleh pecinta kuliner milenial. Ayam betutu cocok sekali bila disantap bersama nasi hangat, sambal matah, serta plecing kangkung. Berikut ini resep ayam betutu yang perlu anda coba dirumah. Silahkan cek resepnya dibawah ini ya.


Baca Juga : Ayam Gepuk yang Empuk, Pedas dan Nikmat


Bahan :
  • 1/2 ekor ayam kampung
  • Air seperlunya

Bumbu Halus :
  • 1/4 sendok makan ketumbar
  • 1 1/2 butir kemiri di sangrai 
  • 1/4 ruas kunyit
  • 7 1/2 cabe rawit
  • 1/2 sendok teh terasi
  • 1/2 sendok teh munjung lada 
  • Garam, gula seperlunya

Bumbu Yang Dirajang:
  • 75 gram bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 1/2 ruas kencur
  • 1/4 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 7 1/2 cabe rawit
  • 1/2 batang serai


Baca Juga : Opor Ayam Kuning


Cara Memasak :
  1. Tumislah bumbu yang dihaluskan serta bumbu yang dirajang sampai bau serta matang
  2. Sesudah itu tambahkan ayam yang sudah dicuci bersih trus koleh-koleh sampai rata, lalu beri garam serta gula seperlunya
  3. Selanjutnya tuang air sampai ayam terendam, sesudah itu koleh merata, trus biarkan mendidih. Bila sudah mendidih ungkep menggunakan api kecil sampai ayam sungguh-sungguh empuk serta bumbu menyerap sempurna. Setelah itu tes rasa dan angkat. Ayam betutu siap dihidangkan. 

Catatan :
Sebaiknya kuahnya jangan sampai kering karena lebih enak ada kuahnya. Serta beri tambahan daun singkong yang telah direbus dulu.
LihatTutupKomentar