-->

Ayam Kecap Manis Pedas, Simple dan Mudah Dibuat!

Ayam Kecap Manis Pedas
Ayam Kecap Manis Pedas, Simple dan Mudah Dibuat! 


Ayam Kecap Manis Pedas, ayam kecap pedas, ayam kecap pedas manis merupakan makanan sederhana yang sering dimasak oleh keluarga Indonesia karena resep ayam kecap pedas simple dibuatnya. Kombinasi antara rasa manisnya kecap serta gurihnya bumbu ditambah cabai yang banyak, dapat meningkatkan kekayaan rasa sehingga memunculkan aneka rasa ayam kecap pedas yang nikmat. Hal ini sesuai sekali dengan lidah nusantara. Selain sesuai sama lidah nusantara, menu Ayam Kecap Manis Pedas ini bila dikonsumsi oleh tubuh kita memiliki manfaat yang benar-benar bagus sebab daging ayam banyak mengandung nutrisi.


Baca Juga : Rendang Basah Ayam Kampung, Lezat, Istimewa dan Ekonomis


Olahan ayam kecap pedasterutama dibagian dada ayam ialah diantara panganan dengan kandungan protein paling baik, perihal ini sebagaimana tercantum melalui data U.S Department of Agriculture, Amerika Serikat. Kandungan protein tersebut adalah tipe asam amino yang sangat bagus dalam menunjang penciptaan otot kita.


Selain mengandung protein, daging ayam adalah sumber vitamin serta mineral yang bagus bagi tubuh. Kandungan vitamin yang terdapat pada daging ayam misalnya vitamin B berfungsi untuk mengatur sel darah merah. Vitamin D untuk menunjang penyerapan kalsium serta mengokohkan tulang. Vitamin A berfungsi untuk menyehatkan penglihatan serta berperan penting dalam sistem imun. Sedangkan kadar mineral yang terdapat dalam daging ayam contohnya, zat besi berperan untuk mencegah anemia. Sumber mineral lainnya yaitu, kalium serta natrium dipercaya bagus sekali untuk kesehatan gigi sampai otak.


Baca Juga : Chicken Pok-pok Bumbu Kari ala Buatan Sendiri


Bumbu Masak Ayam Kecap Pedas ini bisa dibuat menjadi 2 versi kering atau berkuah, semua tergantung selera anda, bumbu tambahannyapun ikut dapat disesuaikan sama keinginan anda. Selanjutnya yang perlu dicatat bahwa panganan ini juga bisa dijadikan solusi terbaik disaat anda sedang bosan sama menu goreng-gorengan.


Proses mengolah ayam kecap pedas manis ini terbilang gampang sekali serta enggak memerlukan durasi panjang. Potonglah ayam menjadi beberapa bagian, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar atau sesuai dengan keinginan anda. Selanjutnya bersihkan ayam serta lumuri menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya kemudian bumbui ayam menggunakan sejumput merica serta garam lalu biarkan hingga 10 menit di dalam kulkas.


Setelah proses membumbui selesai, rebuslah ayam menggunakan air bergolak tidak mencapai matang, sesudah itu sediakan ayam buat diolah sebagai panganan dicampur oseng komplemen rempah-rempah khas Indonesia. Untuk material yang dipakai dalam proses masak ayam kecap pedas manis seperti daging ayam, komplemen dapur serta komplemen pelengkap memasak lainnya juga gampang sekali untuk didapatkan, anda dapat membeli material tersebut di pasar, warung sayuran dekat rumah, supermarket atau dapat juga di toko online langganan anda.


Baca Juga : Ayam Asam Manis ala Restoran Cina


Itulah sekilas tentang proses mengolah juga gimana caranya mendapatkan material yang diperlukan guna memasak Ayam Kecap Manis PedasNah untuk mengetahui proses memasak menu tersebut secara lengkap, silahkan anda lihat serta ikuti langkah-langkah membuatnya dibawah ini. Check it out..


Bahan :

  • 1/2 ekor ayam (-/+ 600gr - 750gr)
  • 1/2 jeruk nipis
  • Garam seperlunya


Baca Juga : Ayam Betutu, Makanan Khas Bali yang kaya dengan Bumbu


Bumbu Tambahan :

  • 1 ½ siung berambang putih, dicacah setipis-tipisnya
  • 2 ½ siung berambang merah, iris tipis
  • 1 cm jahe, dipotong-potong
  • 1/4 berambang bombay, dicacah
  • 1/4 tangkai daun bawang, dipotong
  • 1 ½ cabe merah dicacah miring
  • 1 1/2 lembaran daun jeruk
  • 1/4 sendok teh lada halus
  • 1/4 sendok teh pala halus
  • 4 sendok makan kecap bango / menurut keinginan anda
  • ½ - 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1 1/2 sendok makan saos sambal (misal, saus abc manis pedas)
  • Garam seperlunya
  • 150 mililiter air yang telah dimasak seperlunya
  • 1/4 buah jeruk lemon bila tidak ada dapat ditukar menggunakan asam jawa lalu ambil airnya sesuai keinginan. (tidak boleh ditukar menggunakan jeruk nipis)
  • Minyak goreng buat oseng bumbu seperlunya


Haluskan Bumbu :

  • 3 cabe merah keriting (abaikan bila enggak suka pedas)


Baca Juga : Kare Ayam Kuning dengan Santan


Cara Memasak :

  1. Basuh serta bersihkan ayam. Sesudah dibersihkan kucuri ayam memakai jeruk nipis, sejumput lada serta garam. Sesudah itu simpan ke dalam lemari es selanjutnya biarkan hingga 10menit.
  2. Panaskan wadah berisi air seperlunya trus masaklah mencapai bergolak. Sesudah air bergolak rebuslah ayam tidak terlalu masak. Sesudah itu ambil trus biarkan tiris.
  3. Oseng berambang putih, berambang merah, jahe, daun jeruk serta cabe potong, cabe halus mencapai wangi serta terkoleh seluruhnya.
  4. Selanjutnya kucuri kecap manis, kecap asin, saos tomat, saos sambal, cabe halus, koleh-koleh.
  5. Trus cemplungkan pala, merica, serta air lemon
  6. Berikutnya cemplungkan ayam kemudian koleh merata.
  7. Setelah semua menyatu berikan kembali air seperlunya kedalam panci, koleh kembali sampai airnya mengental serta berkurang (kekentalannya disesuaikan sama keinginan anda). Icip rasanya. Bila minim asin bisa ditambahkan lagi garam sesuai keinginan anda.
  8. Selanjutnya cemplungkan daun bawang serta bawang bombay, trus koleh-koleh, kemudian matiin api kompor. Ayam Kecap Manis Pedas siap disajikan

LihatTutupKomentar