-->

Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie

Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie
Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie


Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie, Perkedel Mie Instan atau Resep Perkedel Mie Instan - Akhir-akhir ini harga bahan pokok makanan semakin meningkat, sehingga untuk mengkonsumsi hidangan yang bergizi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan makanan bergizi namun ekonomis. Banyak resep masakan nusantara yang dapat dijadikan referensi dengan harga terjangkau yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Cobalah bereksperimen dengan menggunakan resep perkedel mie. Anda bisa mendapatkan perkedel mie atau resep perkedel mie secara gratis dengan cara browsing atau melalui media sosial milik anda.


Baca Juga : Perkedel Tahu Ikan


Resep perkedel mie adalah salah satu resep alternatif masakan dari sekian banyak resep yang ada di Indonesia. Perkedel mie memiliki cita rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Jadi tidak perlu bertanya-tanya lagi jika kita menjumpai bermacam-macam jenis olahan resep perkedel mie instan yang berbeda cara dan rasa disetiap wilayah diseluruh nusantara. Mie instan biasanya diolah dengan cara direbus atau di goreng. Namun diresep kali ini bumbuu bubuk akan bereksperimen dengan menyajikan hidangan menu perkedel dengan bahan dasar mie instan. Petama-tama mie instan di rebus terlebih dahulu bersama-sama dengan wortel, daun bawang, daun seledri dan bumbu-bumbunya hingga matang. Lalu masukkan terigu dan aduk hingga menjadi adonan kalis. Setelah adonan kalis masukkan adonan ke dalam cetakan lalu potong dan goreng hingga kering, renyah dan berwarna kuning kecoklatan. Perkedel Mie mempunyai rasa yang gurih, enak dan renyah. Sangat cocok jika disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai cemilan bersama saus ataupun mayonaise.


Kandungan Zat Kimia dalam Mie Instan


Sebelum kita mulai bereksperimen membuat perkedel mie instan ada baiknya kita mengetahui kandungan zat kimia yang ada di dalam mie instan. Mie instan biasa disebut sebagai makanan yang kurang sehat atau jenis junkfood. Hal tersebut dikarenakan didalam satu bungkus mie instan terkandung banyak karbohidrat dan lemak, sementara kandungan nutrisi penting lainnya, seperti protein, serat, vitamin maupun mineral sangatlah rendah. Oleh karena itu, jika kita ingin mengkonsumsi produk mie instant dibutuhkan tambahan beberapa bahan seperti sayuran, telur, daging, maupun bahan lainnya yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Berikut ini ada beberapa komposisi yang terkandung dalam mie instant yang dipercaya dapat mengganggu kesehatan, yaitu


Baca Juga : Perkedel Kentang Daging


Pertama, sodium – Berdasarkan Recommended Dietary Allowance Amerika Serikat menjelaskan bahwa kebutuhan natrium untuk orang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari 4 tahun adalah 1.500 mg / hari. Sementara didalam 1 cup sajian mie instan terdapat 2.700 mg sodium. Sementara studi terbaru dari CDC dan Akademi Nasional Institute of Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak garam tidak lagi menimbulkan bahaya yang signifikan terhadap kesehatan. Justru kegiatan mengurangi asupan garam di bawah tingkat yang direkomendasikan akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Akademi Nasional Institute of Medicine kurang lebih selama 5 tahun, pada hampir 29.000 peserta, menyatakan bahwa “tidak ada hubungan antara garam dan kesehatan seseorang”.


Kedua, minyak gorengKomposisi kedua yang dapat menimbulkan kesehatan jika kita mengkonsumsi mie instant, yaitu adanya produk oksidasi, termasuk akrilamida dan aldehida yang didapatkan dari minyak goreng. Minyak goreng yang terdapat dalam kandungan mie instan, bila tidak diolah pada suhu yang tepat maka akan menghasilkan produk oksidasi makanan yang mengandung tumpukan racun.


Ketiga, MSG (Mono Sodium Glutamat) – Adalah salah satu bahan yang digunakan untuk menambahkan rasa pada produk mie instant. Dan sekitar 1-2% dari populasi manusia di dunia mengalami alergi pada saat mengkonsumsi MSG, srehingga menimbulkan beberapa gejala seperti mengalami sensasi terbakar di dada, kemerahan pada wajah dan kulit, atau rasa nyeri dan sakit kepala.


Baca Juga : Perkedel Singkong


Keempat, propylene glycol – Berfungsi untuk mempertahankan kelembaban mie dan mencegah mie dari pengeringan. Tubuh manusia bisa dengan mudah menyerap zat Propylene glycol, dan seiring berjalannya waktu zat tersebut akan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal inilah yang bisa menyebabkan beberapa macam kerusakan dan kelainan pada organ tubuh serta dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.


Manfaat Mengkonsumsi Mie Instan


Pertama, lebih praktis – Manfaat dari mengkonsumsi mie instant adalah tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses penyajiannya. Sementara untuk mereka yang sibuk dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan jika lapar sedang melanda.


Kedua, sebagai sumber energiKandungan kalori yang berada dalam bungkus mie instant dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh seseorang. Mengkonsumsi mie instant juga dapat membantu seseorang untuk merasa kenyang di saat lapar. Tapi yang perlu anda ingat adalah mie instan bukan makanan pokok yang setiap saat bisa dikonsumsi. Karena dalam kandungan mie instant terdapat jumlah kalori yang besar namun dengan nilai gizi yang sangat rendah.


Walaupun mie instan merupakan produk olahan yang termasuk jenis junkfood, namun mie instant mempunyai beberapa manfaat seperti,


Baca Juga : Perkedel Udang


Ketiga, bisa dinikmati siapa saja – Produk mie instant bisa dinikmati oleh siapa saja, terutama untuk orang-orang dengan tingkat ekonomi yang rendah. Hal ini disebabkan karena harga mie instant yang sangat terjangkau.


Keempat, mempunyai berbagai macam varian rasaManfaat mengkonsumsi mie instant yang keempat adalah karena mie instan mempunyai berbagai macam rasa yang ditawarkan. Saat ini ada banyak sekali produk mie instant yang tersebar diseluruh toko maupun supermarket dengan aneka macam rasa yang menggugah selera para konsumen.


Efek Samping Mengkonsumsi Mie Instan


Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa mie instan merupakan produk yang didalamnya lebih banyak mengandung kalori serta lemak. Sementara kandungan gizinya sangat rendah sekali, bahkan hampir tidak ada. Oleh karena itu, para ahli kesehatan sangat menganjurkan untuk tidak konsumsi produk ini terlalu sering. Berikut ini ada beberapa efek samping kesehatan dari mengkonsumsi mie instant yang perlu diketahui antara lain adalah,

Pertama, kekurangan gizi – Mengkonsumsi mie instan dapat menghambat kemampuan dalam proses penyerapan nutrisi, terutama pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, terutama masalah gizi buruk.


Baca Juga : Perkedel Jagung


Kedua, kanker – Badan kesehatan internasional (WHO) menjelaskan bahwa styrofoam atau polystyrene yang biasa digunakan untuk mengemas mie instant adalah salah satu bahan yang bisa memicu timbulnya kanker.


Ketiga, keguguran – Berdasarkan penelitian para ahli, para wanita yang kerap mengkonsumsi mie instan selama masa kehamilan mempunyai risiko yang lebih tinggi untuk mengalami keguguran, sebab kandungan yang ada dalam mie instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.


Keempat, gangguan metabolisme tubuh – Kandungan bahan kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet, maupun zat aditif lain yang terdapat pada mie instan yang terakumulasi dalam tubuh pada saat dikonsumsi, dalam jangka panjang akan mempengaruhi metabolisme tubuh.


Kelima, masalah pencernaanMengkonsumsi mie instan secara rutin akan menimbulkan beberapa gangguan dalam sistem pencernaan tubuh seperti perut kembung, sembelit, maupun gangguan pencernaan lainnya.


Baca Juga : Cumi Fantasi


Keenam, obesitas – Mie instan dipercaya sebagai penyebab utama obesitas. Hal ini disebabkan karena kandungan lemak serta natrium dalam mie instant akan menyebabkan retensi cairan dalam tubuh. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi mie instant terlalu sering.


Cara Mengatasi Efek Samping dari Mengkonsumsi Mie Instan


Mie instant adalah salah satu produk olahan yang termasuk jenis fastfood dan junkfood. Hal tersebut disebabkan karena didalam mie instant terkandung banyak garam, MSG, lemak, kalori, serta beberapa bahan pengawet. Para ahli kesehatan telah membuktikan bahwa jenis makanan ini sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi, sebab selain mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan, mie instant juga dinilai tidak memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Nah setelah kita mengetahui kandungan zat kimia, manfaat, efek samping serta cara mengatasi efek samping bila mengkonsumsi mie instan, tidak ada salahnya anda mencoba resep perkedel mie instan berikut ini sekali-sekali. Daripada penasaran dengan rasanya, yuk langsung saja kita eksekusi resep perkedel mie pilihan Bumbuu Bubuk di bawah ini. Silahkan disimak ya.


Baca Juga : Cumi Bakar Montok


Agar terhindar dari kemungkinan efek samping saat mengkonsumsi mie instant, sebaiknya kita perlu membatasi dalam mengkonsumsi produk ini. Dan bila ingin mengkonsumsi mie instant sebaiknya tambahkan manfaat sayur-sayuran seperti manfaat sawi, manfaat wortel atau jenis sayuran lainnya agar membantu memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh. Selain itu, kita juga dapat menambahkan manfaat telur atau manfaat daging sebagai pelengkap gizi.


Bahan Perkedel Mie:

  • 4 bungkus mie instan
  • 1000 gram tepung terigu
  • 1900 mili liter air
  • 4 buah wortel, parut
  • 12 batang daun bawang, iris halus
  • 6 daun seledri, iris halus
  • 2 bungkus kaldu bubuk rasa ayam

Cara Membuat Perkedel Mie :

  1. Masukkan air kedalam panci dan tunggu sampai mendidih, lalu masukkan wortel, daun bawang, daun seledri tunggu kira-kira 5 menit.
  2. Setelah 5 menit masukkan mie instan dan bumbu-bumbu didalamnya, lalu aduk hingga mie instan matang, setelah itu kecilkan api
  3. Kemudian tambahkan terigu aduk cepat hingga menjadi adonan kalis, lalu angkat.
  4. Setelah itu oles cetakan dengan minyak sayur tipis-tipis, lalu tuang adonan sambil ditekan-tekan dan tunggu hingga 30 menit.
  5. Kemudian potong-potong adonan lalu goreng dengan minyak yang panas dan angkat jika sudah matang.
LihatTutupKomentar