-->

Perkedel Tahu

Perkedel Tahu
Perkedel Tahu


Perkedel Tahu yang gurih dan enak bisa dijadikan lauk sarapan pagi anda karena cara membuatnya sangat praktis dan tidak memerlukan waktu yang banyak. Sesuai dengan namanya Perkedel Tahu terbuat dari bahan utama tahu yang dihaluskan bersama dengan bumbu kemudian dibentuk bulat lalu digoreng hingga kering, renyah dan berwarna kuning kecoklatan. Teksturnya yang kering dan renyah dibagian kulit luar, namun sangat lembut dibagian dalamnya membuat kenikmatan tersendiri saat menyantapnya. Perkedel Tahu sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau bisa juga sebagai camilan yang gurih dicocol bersama saus sambal.


Baca Juga : Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie


Agar berhasil membuat Perkedel Tahu yang gurih dan mulus, menurut food.detik.com sebaiknya perhatikan tips berikut ini. Pertama, pilihlah tahu putih yang tidak berair. Di pasaran banyak jenis tahu. Ada yang putih dan ada yang kuning. Ada juga yang dipotong segiempat 6 x 6 cm dan ada yang lebih besar berukuran 10 x 10 cm dan biasanya tebalnya sekitar 2 cm. Kualitas tahu menentukan rasa perkedel tahu. Pilih tahu putih yang bagus kualitasnya. Aromanya segar, tekstur tahu halus, tidak berongga-rongga kecil dan jika ditekan cukup kokoh tetapi tidak keras. Biasanya tahu yang bagus harganya sedikit lebih mahal dan selalu baru atau segar. Kedua, tiriskan tahu putih. Agar tahan lama dan awet segarnya biasanya penjual tahu merendam tahu dalam air. Setelah dibeli dari pasar atau supermarket, keluarkan tahu dari kemasannya. Cuci di bawah air mengalir hingga semua lapisan yang agak berlendir larut. Selanjutnya tiriskan tahu putih. Cara meniriskan yang mudah dengan menggunakan kain saringan. Bungkus tahu dengan kain saringan taruh di piring lalu tindih dengan benda yang berat seperti ulekan atau piring berisi pemberat. Cairan tahu akan keluar perlahan. Tahu harus benar-benar kering agar adonan perkedel tak jadi berair.


Baca Juga : Perkedel Tahu Ikan


Ketiga, haluskan bumbu. Bumbu untuk perkedel tahu terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada dan garam. Haluskan bumbu hingga benar-benar halus. Bisa ditambahkan kaldu ayam atau kaldu jamur bubuk. Jika suka pedas bisa ditambahkan 1-2 cabe merah dan haluskan bersama bumbu. Sebagai penambah rasa dan tekstur tambahkan irisan halus daun bawang atau daun seledri. Keempat, tambahkan bahan lain. Selain tahu putih yang dihaluskan, perkedel tahu bisa ditambahkan bahan lainnya. Seperti kornet sapi, daging cincang, ayam cincang atau udang cincang. Pastikan mencincang bahan-bahan tambahan tersebut hingga halus benar agar bisa menyatu dengan tahu halus dan bahan lainnya. Tambahkan bahan lain minimal 1/4 dari jumlah atau berat tahu putih agar terasa enak. Jika tidak punya bahan lainnya, langkah keempat ini bisa anda skip ya. Kelima, goreng Perkedel Tahu dalam minyak panas. Tahap menggoreng merupakan tahap penting membuat Perkedel Tahu. Jika kurang minyak, perkedel tahu tak bisa matang merata dan malahan menyerap minyak dan sulit kering. Karenanya gunakan selalu minyak panas dan banyak di atas api sedang. Gunakan wajan cekung atau panci untuk menggoreng. masukkan perkedel tahu saat minyak sudah panas. Jangan sering diaduk dan sering dibalik. Goreng hingga perkedel tahu kuning kecokelatan dan kering. Barulah angkat dan tiriskan.


Baca Juga : Perkedel Kentang Daging


Dibawah ini ada satu resep Perkedel Tahu pilihan bumbuu bubuk yang mudah dibuat, renyah dan gurih. Silahkan disimak ya.


Bahan : 

  • 1 buah tahu 
  • 2 butir telur ambil putihnya saja
  • 1 buah wortel ukuran paling kecil, cincang kasar 
  • 1 buah daun bawang, diiris halus 
  • 2 siung bawang putih, diulek
  • 2 butir bawang merah, diiris halus 
  • 1/2 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok teh kaldu jamur bubuk/kaldu ayam bubuk
  • Garam dan lada secukupnya


Baca Juga : Perkedel Singkong


Cara Membuat : 

  1. Haluskan tahu dengan memakai sendok dengan cara ditekan-tekan. 
  2. Campur tahu yang sudah dihaluskan dengan wortel, daun bawang, bawang putih, bawang merah, gula pasir, kaldu bubuk, garam, dan merica. 
  3. Aduk rata adonan dan cek rasa apakah bumbu sudah pas.
  4. Bentuk adonan tahu bulat-bulat gepeng atau sesuai selera. 
  5. Panaskan minyak untuk menggoreng. 
  6. Celupkan perkedel tahu ke putih telur dan goreng hingga perkedel berubah warna menjadi kuning kecokelatan. 
  7. Angkat dan tiriskan.
LihatTutupKomentar