-->

Daging Lapis Kecap

Daging Lapis Kecap
Daging Lapis Kecap


Sesuai dengan namanya, Daging Lapis Kecap memiliki tekstur daging yang berlapis-lapis dan kaya dengan cita rasa kecap yang khas. Daging Lapis Kecap memiliki beberapa versi resep, Namun yang paling dikenal ada dua versi, Pertama, daging lapis kecap versi Jawa Barat dan Kedua, daging lapis kecap versi Surabaya.


Baca Juga : Soto Kuning Daging


Daging Lapis Kecap Versi Jawa Barat yaitu cirinya diberi telur. Irisan daging dicelup dengan bumbu campur telur lalu digoreng sebentar. Atau telur dimasukkan saat daging hampir lunak dan diaduk-aduk hingga berbutir kecil dan matang. Bila dilihat sekilas, menu ini mirip dengan semur daging bahkan ada yang mengatakan bahwa versi Jawa Barat ini semur daging ala Sunda. Sedangkan Daging Lapis Kecap Versi Surabaya tidak menggunakan telur, Ada beberapa orang yang tidak suka dengan tambahan telur karena aroma telur yang sedikit anyir. Versi Surabaya ini diadaptasi dari kuliner Belanda, mirip semur Jawa.


Baca Juga : Tongseng Daging Sapi Tanpa Santan


Selayaknya semur pada umumnya, tehnik pengolahan Daging Lapis Kecap diolah dengan menggunakan teknik braising atau teknik memasak dengan cara merebus lama dengan api kecil sampai tekstur daging menjadi empuk. Dianjurkan untuk menggunakan daging has dalam yang mudah empuk supaya proses memasak tidak terlalu lama dan daging juga tidak alot. Pastikan bahwa bumbu halus meresap sempurna saat proses marinasi. Lalu tambahkan kecap manis yang mampu memberi rasa legit yang khas dalam olahan daging sapi ini. Nah bagi anda yang penasaran ingin membuat menu ini dirumah, bumbuu bubuk akan memberikan satu resep Daging Lapis Kecap Versi Jawa Barat, langsung aja yuk intip resepnya dibawah ini.


Baca Juga : Daging Goreng Saus Tiram


Bahan :

  • 250-300 gram daging iris tipis


Bumbu Halus : 

  • 10 butir bawang merah 
  • 4 butir bawang putih 
  • 5 butir kemiri 
  • ¼ sendok teh lada halus 
  • 5 sendok makan kecap manis 
  • 2 butir telur 
  • Garam, kaldu bubuk jamur/penyedap rasa, gula 
  • Minyak untuk menumis secukupnya 
  • Air secukupnya


Baca Juga : Rica Daging Sapi (Rica Jawa)


Cara Membuat : 

  1. Haluskan bumbu-bumbu (saya blender jadi satu dengan telur sampai halus) 
  2. Rendam daging ke dalam bumbu halus semuanya kurang lebih 15 menit. 
  3. Panaskan minyak secukupnya, masukkan daging beserta bumbu rendaman semua, aduk-aduk sampai bumbu-bumbu mengental, kemudian tuang air, ungkep sampai daging empuk dan bumbu meresap (jika belum empuk bisa ditambahkan air lagi) 
  4. Aduk-aduk sampai kuah habis dan bumbu agak mengering, test rasa, angkat.
LihatTutupKomentar