-->

Daging Goreng Saus Tiram

Daging Goreng Saus Tiram
Daging Goreng Saus Tiram


Saus tiram adalah kecap dengan rasa yang kaya dan banyak digunakan di masakan Chinese. Meskipun terbuat dari ekstrak tiram, saus tiram tidak memiliki rasa yang amis. Saus tiram cenderung memiliki rasa sedikit manis dan asin. Biasanya saus tiram memiliki warna hitam pekat dan kental.


Baca Juga : Rica Daging Sapi (Rica Jawa)


Berikut ini penjelasan tentang saus tiram dilansir dari kompas.com. Pertama. Fakta saus tiram. Saus tiram adalah saus kaya rasa berwarna hitam dengan konsistensi yang kental seperti sirup. Rasanya sedikit manis dan asin bisa menjadi perasa untuk masakan tumis dan chinese food. Sesuai namanya, saus tiram terbuat dari ekstrak tiram (kerang-kerangan) yang dikaramelisasi dengan gula. Pada makanan China, ada saus serupa bernama saus hoisin yang juga digunakan untuk penyedap tumisan. Jangan sampai tertukar, saus hoisin terbuat dari bahan yang berbeda yaitu dari kedelai yang difermentasi. Dua saus ini adalah bumbu populer untuk masakan restoran China. 


Baca Juga : Semur Betawi Daging Sapi


Kedua. Penggunaan saus tiram. Pada masakan, saus tiram bisa digunakan langsung sebagai saus sendiri atau ditambahkan ke saus lain. Sebagai saus sendiri, saus tiram cocok sebagai cocolan. Sementara sebagai tambahan saus lain, bisa dicampurkan ke dalam resep masakan dengan aneka bumbu masakan. Oleh karena tekstur saus yang lembut, makanan yang ditambahkan saus tiram akan terlihat mengkilap. Saus tiram juga dapat digunakan sebagai bahan untuk bumbu perendam pada barbeque.


Baca Juga : Oseng Paru Cabai Hijau


Ketiga. Rasa saus tiram. Saus tiram rasanya seperti perpaduan kecap dan saus barbeque. Rasanya asin dan manis, berasal dari garam pada tiram sedangkan manisnya berasal dari karamelisasi gula. Perpaduan rasa asin dan manis, menciptakan rasa umami yang kuat pada saus tiram. Keempat. Nutrisi saus tiram. Sama seperti makanan lain, saus tiram juga punya nutrisi di dalamnya. Dalam satu sendok makan saus tiram, terkandung sembilan kalori. Saus tiram juga bebas kolesterol dan hampir tidak mengandung lemak. Namun, saus tiram tidak mengandung banyak vitamin dan mineral. Begitu pula protein dan serat. Nutrisi paling banyak dalam saus tiram adalah natrium, sebanyak 492 miligram dalam satu sendok makan.


Baca Juga : Sosis Pedas Saus Barbeque

 

Berdasarkan penjelasan diatas dalam memasak tumisan, saus tiram memang bisa menjadi andalan. Coba saja anda memasak Daging Goreng Saus Tiram pasti rasanya bikin lidah anda terus ingin bergoyang dan susah untuk move on. So, bagi anda yang super sibuk tetapi ingin tetap menikmati masakan enak, silahkan berkreasi dengan resep satu ini.


Baca Juga : Gulai Jawa Sapi  


Bahan : 

  • 400 gram daging sapi has dalam 
  • 3 buah cabai merah besar iris
  • 3 buah cabai hijau besar iris 
  • 5 sendok makan minyak goreng/secukupnya


Baca Juga : Gulai Kambing


Bumbu Marinasi : 
  • 2-3 sendok makan saus tiram 
  • 1 sendok makan kecap manis 
  • 1 sendok teh kecap inggris 
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk 
  • 1 sendok teh lada bubuk/sesuai selera
  • 1 sendok makan tepung maizena


Baca Juga : Sate Ayam Madura


Cara Memasak : 

  1. Cuci daging, iris tipis melebar melawan alur serat, beri bumbu marinasi, aduk rata, diamkan kurang lebih 15 menit 
  2. Panaskan minyak, masukkan daging satu persatu agar tidak mengkerut, goreng daging sambil diaduk hingga agak mengering atau matang, (masak dengan api besar agar daging tidak alot) masukkan duo cabai hingga layu, angkat, sajikan hangat.
LihatTutupKomentar