-->

Perkedel Kentang

Perkedel Kentang
Perkedel Kentang


Perkedel Kentang merupakan salah satu menu makanan rumahan yang sangat terkenal di Indonesia. Perkedel ini terbuat dari bahan dasar kentang yang digoreng atau direbus lalu dilembutkan kemudian dicampur dengan irisan daun seledri dan bumbu. Setelah itu adonan dibentuk bulatan bulatan yang disesuaikan dengan selera lalu dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam.


Baca Juga : Perkedel Tempe Gurih Enak


Nama perkedel diadaptasi dari bahasa Belanda 'Frikade' atau bahasa Jerman 'Frikadelle'. Dalam versi aslinya, di Eropa perkedel dibuat dari daging cincang yang dicampur dengan remah-remah roti, telur, bawang bombay cincang dan terkadang ditambahkan sayuran seperti wortel yang dipotong kecil-kecil. Sedangkan di Indonesia bahan utama perkedel terbuat dari kentang. Berikut ini resep cara membuat Perkedel Kentang yang gurih, enak dan renyah, silahkan disimak ya.


Baca Juga : Perkedel Tahu


Bahan : 

  • 1/2 kilo gram kentang 
  • 2 sendok makan bawang merah goreng 
  • 1 sendok makan bawang putih goreng 
  • 1 sendok makan mentega
  • Garam, merica, pala, kaldu bubuk 
  • Seledri, iris kasar
  • 1 butir telur kopyok (1/2 masuk adonan perkedel dan 1/2 untuk lapisan perkedel)


Baca Juga : Perkedel Mie atau Resep Perkedel Mie


Cara Membuat : 

  1. Kupas bersih kentang, potong, dan goreng sampai matang. Lalu haluskan, taruh dalam wadah 
  2. Kemudian haluskan bawang putih dan bawang merah goreng tadi. 
  3. Campurkan kentang yang sudah dihaluskan, bawang goreng, mentega, 1/2 bagian telur, tambahkan bumbu-bumbu lainnya. Koreksi rasa. 
  4. Bentuk bulatan bulatan sesuai selera, celup dalam sisa 1/2 bagian telur nomer 3 tadi. Goreng sampai matang kecokelatan.
LihatTutupKomentar