-->

Bawang Merah Bubuk, Awet Untuk Disimpan Berbulan-bulan

Bawang Merah Bubuk
Bawang Merah Bubuk


Dalam Kehidupan sehari-hari kita sangat mengenal bawang merah bubuk. Bawang merah adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu sayuran yang terkenal mempunyai banyak lapisan ini sangat disarankan buat disantap setiap hari.


Baca Juga : Bawang Putih Bubuk Homemade, Lebih Awet serta Harum Buat Disimpan


Adapun kandungan yang terdapat di dalam bawang merah mentah antara lain, phytochemical yaitu suatu zat kimia yang bisa membantu meningkatkan kinerja vitamin C di dalam badan kita. Tidak hanya itu, bawang merah juga mempunyai kandungan kromium yang sangat besar yang memiliki fungsi untuk membantu mengendalikan gula darah. Jika seseorang mengkonsumsi bawang merah secara teratur, atau sering menambahkannya ke dalam makanan yang akan dikonsumsi, hal ini dapat berguna buat mencegah terjadinya infeksi serta dapat membantu meningkatkan pengobatan peradangan.


Baca Juga : Bumbu Dasar Khas Indonesia Yang Harus Dipahami Untuk Membuat Aneka Hidangan Nikmat


Namun demikian, bawang mentah juga memiliki sisi negatif yaitu mempunyai kandungan asam yang sangat besar serta bisa menghasilkan refluks asam dalam saluran pencernaan yang pada saatnya bisa menimbulkan sakit perut atau kembung. Buat menghindari persoalan ini, para pakar menyarankan tiap orang untuk membuat bawang merah bubuk lalu untuk mengkonsumsinya bisa dilakukan dengan cara dituang ke dalam menu santapan sehari-hari.


Baca Juga : 7 Resep Jajanan Dari Tahu Ala Rumahan Lezat Serta Gampang Dibuat


Umumnya bawang merah bubuk dapat membantu mengobati bermacam-macam tipe penyakit. Berikut ini terdapat tujuh khasiat sehat dari bubuk bawang merah yang wajib anda ketahui, yaitu. Pertama, berlimpah serat. Bawang merah bubuk mempunyai kandungan serat yang besar. Serat berfungsi buat membantu fungsi pencernaan dengan baik. Untuk menikmati bubuk bawang merah dapat dilakukan dengan mencampurkan bubuk bawang merah sebagai campuran salad serta menu santapan lainnya yang sanggup membantu mengobati masalah pencernaan.


Baca Juga : 7 Resep Jajanan Dari Bengkuang Ala Rumahan Lezat Serta Istimewa


Kedua, bermuatan kalium. Bawang merah banyak mengandung kalium, bubuk bawang merah sangat baik untuk kesehatan tulang serta jantung sehat. Menggunakan bubuk bawang merah secara rutin sangat membantu tubuh guna mengendalikan tekanan darah. Ketiga, banyak mengandung vitamin C. Tidak cuma buah yang berlimpah vitamin C, bubuk bawang merah juga merupakan material yang memiliki vitamin C berlimpah. Bawang merah bubuk berperan dalam menghasilkan kolagen, kesehatan tulang serta material alami terbaik yang dapat menolong dalam pengobatan luka.


Baca Juga : 4 Resep Nasi Uduk Lezat Serta Harum Mulai Dari Nasi Uduk Sambal Kacang Sampai Nasi Uduk Hijau


Keempat, bermuatan mangan. Bubuk bawang merah berguna untuk kesehatan sebab memiliki muatan mangan yang berlimpah, yaitu faktor yang dibutuhkan buat melindungi jaringan tulang yang sehat. Tidak hanya itu, mangan menolong tingkatkan metabolisme dan memiliki zat gizi yang menolong meningkatkan pembekuan darah. Mangan merupakan nutrisi penting yang diperlukan badan, sebab kekurangan mangan bisa menimbulkan penyakit diabetes, osteoporosis, serta arthritis. Kelima, Memiliki muatan kalsium yang berlimpah. Kalsium merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan buat melindungi kesehatan tulang. Bubuk bawang merah mempunyai muatan kalsium yang cukup banyak untuk melindungi tekanan darah serta tingkatkan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kalsium juga sanggup membantu tugas sistem saraf.


Baca Juga : Fungsi Bumbu dan Rempah pada Masakan Indonesia


Keenam, rendah sodium. Salah satu kelebihan yang dipunyai oleh bubuk bawang merah, yaitu rendahnya muatan sodium yang dimilikinya. Bubuk bawang merah bisa jadi salah satu opsi pengganti garam, sebab bubuk bawang ini juga sanggup menambahkan rasa pada makanan. Mengubah garam dengan bubuk bawang merah memberikan khasiat yang besar untuk kesehatan jantung kita. Sebab memakai bubuk bawang merah selaku pengganti garam dapat menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung, penyakit jantung serta stroke. Ketujuh, rendah kalori. Buat anda yang mempunyai keluhan dengan berat tubuh, anda bisa merealisasikan bubuk bawang merah ini dalam hidangan diet anda. Bubuk bawang merah ini merupakan santapan yang rendah kalori serta lemak. Jadi, sangat cocok buat hidangan santapan diet anda.


Baca Juga : Cumi Goreng Tepung Cabai Pedas


Nah, buat anda yang belum mengetahui cara membuat bubuk bawang merah ini, caranya sangat gampang. berikut langkah-langkah dalam membuat bubuk bawang merah. Silahkan disimak ya.


Cara Membuat Bawang Merah Bubuk


Bahan :

  • Siapkan bawang merah segar sebanyak yang anda butuhkan

 

Baca Juga : Cumi Saus Asem Manis Pedas


Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 150°F (66°C) lalu siapkan alat pemotong anda.
  2. Kupas lalu potong bawang merah tipis-tipis, dapat memakai pisau atau perlengkapan slicer, opsi pemotongan disesuaikan dengan keinginan anda, yang pasti hasil akhir bawang merah wajib tipis, sebab semakin tipis bawang merah proses pengeringan akan semakin gampang.
  3. Letakkan bawang merah secara merata diatas loyang, lalu masukkan ke dalam oven, setelah itu panggang hingga 3 sampai 4 jam, pemanggangan ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasil akhirnya, anda tidak akan menyesal.
  4. Panggang bawang merah hingga kering, lalu blender. Bawang merah bubuk siap digunakan.


Saat bawang merah sudah menjadi bubuk, berarti bawang merah bubuk siap untuk digunakan kapan pun, dan jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang kering, anda juga dapat memperpanjang waktu pemanggangan untuk memperoleh aroma bawang merah sedikit menyamai bawang goreng.

LihatTutupKomentar