-->

Bawang Putih Bubuk Homemade, Lebih Awet serta Harum Buat Disimpan

Bawang Putih Bubuk
Bawang Putih Bubuk


Bawang Putih Bubuk - Bawang putih nyaris senantiasa digunakan buat memasak di aneka masakan khas Indonesia. Sayangnya, bumbu satu ini bila salah dalam metode penyimpanannya sangat gampang sekali busuk serta tidak begitu tahan lama. Tetapi, paling tidak ada cara yang membuat bawang putih lebih awet dan harum tahan lama buat disimpan, yakni dengan diolah jadi bawang putih bubuk. Sekarang tidak perlu khawatir lagi bawang putih akan menjadi busuk. Anda juga tidak perlu lagi mencincang ataupun memarut bawang putih sehingga tidak perlu takut dengan aroma bawang yang tersisa di tangan.


Baca Juga : Bumbu Dasar Khas Indonesia Yang Harus Dipahami Untuk Membuat Aneka Hidangan Nikmat


Jumlah bawang putih bubuk ataupun garlic powder sangat bermacam-macam, bergantung ukuran serta kandungan air pada waktu bawang putih masih fresh. Bawang putih (Allium sativum) ialah tumbuhan semusim berumpun yang memiliki tinggi kira-kira 60 centimeter. Tumbuhan ini banyak ditanam di ladang, wilayah pegunungan yang cukup memperoleh cahaya matahari. Di Indonesia, tumbuhan bawang putih ini tersebar di beberapa wilayah, seperti di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi serta Nusa Tenggara.


Baca Juga : 7 Resep Jajanan Dari Tahu Ala Rumahan Lezat Serta Gampang Dibuat


Bawang putih tergolong komoditi pertanian yang lumayan berarti, sebab berperan sebagai salah satu bumbu utama dalam masakan setiap hari. Bawang putih ini memiliki cita rasa yang khas sehingga tidak bisa digantikan dengan bumbu yang lain. Bawang putih juga tergolong sebagai bumbu yang sangat terkenal di Asia serta penggunaannya sangat besar.


Baca Juga : 7 Resep Jajanan Dari Bengkuang Ala Rumahan Lezat Serta Istimewa


Tidak hanya sebagai bumbu, bawang putih juga digunakan sebagai obat. Bawang putih memiliki kandungan minyak atsiri yang berperan sebagai antibakteri serta antiseptik. Bawang putih juga memiliki kandungan allicin dan allin yang berkaitan dengan energi anti kolesterol yang bisa mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.


Baca Juga : 4 Resep Nasi Uduk Lezat Serta Harum Mulai Dari Nasi Uduk Sambal Kacang Sampai Nasi Uduk Hijau


Umbi batang bawang putih juga mempunyai banyak zat yang berguna, misalnya kalsium yang bisa mencegah hipertensi, saltivine yang bisa mempercepat perkembangan sel dan jaringan serta memicu rangsangan susunan sel syaraf, diallysulfide yang berpotensi sebagai anti cacing, serta mengandung bermacam-macam komponen seperti belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vit A, B1, dan C.


Baca Juga : Fungsi Bumbu dan Rempah pada Masakan Indonesia


Metode penyimpanan bawang putih secara benar ialah dengan menyimpannya di tempat yang kering serta sejuk sehingga bisa memperpanjang masa simpan. namun, bila disimpan di dalam lemari es, bawang putih akan rusak sebab dapat menyebabkan bawang putih tersebut akan tumbuh daun atau tunas. Sementara bila disimpan pada kondisi cuaca yang sangat panas, bawang putih juga bisa rusak, mengerut serta berbubuk abu-abu.


Baca Juga : Cumi Goreng Tepung Cabai Pedas


Kandungan air pada bawang putih sekitar 60,9%-67,8%, Hal ini akan mengakibatkan bawang putih gampang membusuk karena perkembangan serta kegiatan mikroba pada bawang putih. Sehingga buat mempertahankan mutu bawang putih maka butuh dilakukan perlakuan pasca panen misalnya seperti pengeringan. Pengeringan bertujuan mengurangi kandungan air pada bawang putih hingga batas dimana mikroorganisme serta aktivitas enzim yang bisa menimbulkan pembusukan akan terhenti, dengan demikian bawang putih yang dikeringkan bisa memiliki waktu simpan yang lama. Keuntungan yang diperoleh dari pengolahan bawang putih bubuk yaitu, bawang putih menjadi lebih awet, gampang dalam pengangkutan dan penggunaannya.


Baca Juga : Cumi Saus Asem Manis Pedas


Pengeringan bawang putih bisa dicoba dengan penjemuran di bawah cahaya matahari ataupun memakai perlengkapan pengering buatan. Tata cara pengeringan buatan yang sempat diterapkan buat bawang putih misalnya pengeringan hampa udara serta pengeringan jenis rak berbahan bakar gas. Nah, buat memasak skala rumah tangga, berikut ini bumbuu bubuk rangkum informasi cara membuat bawang putih bubuk yang gampang serta simpel.


Baca Juga : Cumi Saos Padang


Resep Bawang Putih Bubuk


Bahan:

  • 1000 gram bawang putih


Baca Juga : Gulai Cumi Pedas


Cara Membuat Bawang Putih Bubuk:

  1. Kupas bawang putih sampai bersih, Bila tidak sabar, masukkan bawang putih kedalam toples setelah itu kocok-kocok agak keras sehingga kulitnya rontok. Dengan begitu, kulit bawang putih akan lebih gampang dibersihkan karena tinggal sedikit kulit yang melekat di bawang putih.
  2. Sehabis bawang putih bersih dari kulitnya, boleh dicuci terlebih dulu ataupun tidak dicuci.
  3. Setelah itu cincang halus bawang putih. bisa memakai blender ataupun chopper tanpa butuh tambahan air.
  4. Kemudian bentuk bawang putih yang sudah dicincang halus tadi seperti kerupuk yang tipis-tipis di atas loyang yang telah dialasi kertas anti lengket ataupun daun pisang. Sehabis dibentuk kemudian jemur bawang putih tersebut hingga kering.
  5. Supaya proses pengeringan lebih cepat, bila bawang telah separuh kering maka anda dapat membaliknya. Bila panas matahari tidak optimal, proses ini memakan waktu sangat lama dapat mencapai 2 hari. Tetapi bila masa kemarau, satu hari saja umumnya bawang putih telah kering kerontang.
  6. Apabila bawang putih telah cukup kering, teksturnya seperti rengginang ataupun beras aking.
  7. Selanjutnya, sangrai bawang putih diatas api sangat kecil. Sembari diaduk-aduk memakai spatula kayu supaya tidak gosong.
  8. Sangrai hingga kering serta wangi bawang putihnya keluar. Bila Wanginya telah keluar, maka bawang putih tersebut telah dapat diblender ataupun ditumbuk jadi bubuk halus. Bila mau lebih halus, silahkan diayak memakai ayakan tepung maka hasilnya menjadi sangat halus.
  9. Setelah berganti menjadi bawang putih bubuk, tunggu hingga kondisinya telah betul-betul dingin atau menjadi temperatur ruang.
  10. Setelah itu baru masukkan kedalam wadah yang kedap udara. Bawang putih bubuk pun siap buat digunakan memasak kapan saja.


Baca Juga : Oseng Cumi Asin


Gimana? Lumayan gampang kan cara membuat bawang putih bubuk alias garlic powder? Sebagai informasi, dari 1000 gram ataupun 1 kilogram bawang putih menjadi kira-kira sebanyak 340 gram bawang putih bubuk. Pastinya bawang putih menjadi lebih ekonomis sebab anda dapat menaruh bawang putih menjadi lebih awet dan tahan lama serta harum buat disimpan.

LihatTutupKomentar