-->

Ayam Suwir Tidak Pedas dan Cara Membuat Ayam suwir

Ayam Suwir Tidak Pedas
Ayam Suwir Tidak Pedas dan Cara Membuat Ayam suwir


Ayam suwir tidak pedas merupakan menu makanan yang berasal dari daerah Bali, sesuai dengan namanya resep ayam suwir disajikan dengan cara disuwir dan dicampur dengan bumbu-bumbu tradisional. Teknik mengolah ayam suwir ini cukup mudah dan praktis. Sehingga siapapun bisa bereksperimen untuk bikin ayam suwir tidak pedas dirumah dan dijadikan sebagai lauk pendamping nasi putih.


Baca Juga: Chicken Kriuk Cabe Garam


Cara Membuat Ayam Suwir Tidak Pedas.

Ayam suwir juga dikenal sebagai ayam yang ditarik atau disobek-sobek. Setelah diuji melalui beberapa metode seperti merebus, menggunakan slow cooker/Crockpot dan Instant Pot, metode memasak menggunakan kompor adalah cara yang paling disukai. Alasannya, karena menggunakan kompor biasa aroma ayam suwir jauh lebih wangi. Tentu saja, Anda bisa dengan mudah membeli ayam rotisserie di supermarket atau membuatnya sendiri dan memotong ayam itu dengan dua garpu. Tapi sebenarnya tidak perlu karena ada cara lain untuk bikin ayam suwir enggak pedas yang lebih gampang, ekspres serta dapat mengeluarkan aroma yang lebih wangi.

Baca Juga: Ayam Gulai Pedas


Ayam Terbaik Untuk Digunakan

Gunakanlah dada ayam tidak pakai kulit serta tulang atau paha ayam tidak pakai kulit serta tulang. Memakai paha ayam untuk dibikin ayam suwir secara alami lebih lembab dibandingkan memakai dada ayam. kulit atau tulang ayam tidak diperlukan untuk bikin ayam suwir enggak pedas.


Tumis Ayamnya

Mulailah masak ayam suwir enggak pedas dengan menuangkan sedikit minyak zaitun atau minyak sayur ke dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan ayam dan taburi garam dan merica secukupnya di sisi atas. Biarkan selama 5 menit sampai agak keemasan, lalu gunakan penjepit untuk membalik ayam.

Baca Juga: Ayam Lada Hitam


Tutup dan Rebus Ayam Suwir Tidak pedas

Setelah ayam dibalik, tambahkan kaldu ayam secukupnya ke dalam wadah serta tutup dengan penutupnya. Ini akan menjaga ayam tetap lembab saat memasaknya dengan cepat. Masak ayam selama 7-10 menit lagi. Paha ayam akan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu daripada dada ayam. Anda juga bisa menggunakan termometer guna memastikan ayam Anda matang sampai 165 derajat Fahrenheit.


Cara Suir Ayam

Setelah ayam  yang dimasak telah matang, ada tiga cara untuk menyuwir ayam. Pertama, dengan memakai mixer berdiri (stand mixer), beberapa orang lebih menyukai dengan langkah ini karena sangat kilat dan gampang digunakan. Kedua, dengan memakai dua garpu bila tidak memiliki mixer berdiri (stand mixer). Ketiga, memakai tangan

Baca Juga: Ayam Goreng Kuning


Stand Mixer: 

Bila anda mempunyai stand mixer, gunakanlah langkah ini untuk bikin ayam suwir enggak pedas karena menggunakan stand mixer merupakan langkah terkilat dan tergampang untuk menyuwir ayam. Tempatkan semua dada ayam di mangkuk stand mixer. Tambahkan lampiran dayung dan pastikan untuk mengunci kepala kemiringan untuk mencegahnya memantul. Hidupkan mixer berdiri (stand mixer) memakai kecepatan rendah, maka dalam waktu 15 detik anda akan memiliki ayam suwir.


Metode mixer berdiri (stand mixer) guna menyuwir ayam ialah satu diantara trik dapur yang paling disukai. Ini menghemat pergelangan tangan anda dari metode dua garpu atau memakai tangan yang membosankan dan membutuhkan beberapa waktu untuk menyuwir seluruh kumpulan ayam. 


Baca Juga: Dendeng Balado


Dua Garpu: 

Jika menggunakan metode ini, letakkan dada ayam yang sudah dimasak di atas piring atau talenan. Gunakan dua garpu untuk memisahkan daging ayam dan menyuwir-nyuwir ayam. Lanjutkan proses ini pada dada maupun paha ayam sampai habis.


Memakai Tangan:

Memakai tangan guna menyuwir ayam, sama membosankannya dengan cara menggunakan dua garpu, tetapi menggunakan tangan adalah cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.


Untuk mendapatkan ayam suwir yang ekstra lembab, tambahkan sedikit cairan dari wajan ke ayam yang sudah disuwir, lalu aduk hingga tercampur.


Baca Juga: Beef Bulgogi


Cara Penyimpanan 

Ayam suwir sangat bagus untuk persiapan menu makan mingguan anda. Anda dapat membuat ayam suwir tidak pedas selama satu minggu dan menyimpannya dalam wadah sehingga anda dapat menikmati makanan sehat selama seminggu. Ayam suwir ini tahan hingga 3-4 hari di dalam kulkas dan 2 bulan di freezer.


Bila anda bikin ayam suwir tidak pedas dalam jumlah yang banyak, tempatkan ayam suwir kedalam wadah kecil-kecil terus dibekukan sesudah itu mencairkannya sesuai dengan kebutuhan kebutuhan. Hal ini bikin resep menu harian anda lebih mudah.


Baca Juga: Daging Lada Hitam


Resep Ayam Suwir Tidak Pedas

Setelah mengetahui cara bikin ayam suwir yang mudah selanjutnya anda bisa bereksperimen memakai resep ayam suwir pilihan bumbuu bubuk dibawah ini. berikut cara bikin ayam suwir enggak pedas yang wajib anda coba, silahkan disimak ya.


Bahan : 
  • 2 dada ayam, buang tulangnya 
  • lalu bikin ayam suwir seperti tehnik diatas.

Bumbu Cincang Kasar (diiris):
  • 5 bawangputih 
  • 7 bawangmerah 
  • 1 centi meter jahe 
  • Cabai hijau besar serta cabaimerah keriting yang banyak diiris saja 
  • Daunjeruk, daunsalam, serai, lengkuas seperlunya
  • 2 sendokmakan kecapmanis 
  • Garam, gula, kaldububuk seperlunya


Baca Juga: Daging Sapi Lada Hitam

 

Cara Memasak : 
  1. Tumis bumbu cincang atau iris hingga sedikit layu 
  2. Cemplungkan daunsalam, daunjeruk, lengkuas serta serai
  3. Biarkan hingga wangi, sesudah itu tambahkan irisan cabaihijau serta cabaimerah
  4. Tunggu sampai cabai matang biar tidak langu
  5. Kemudian tambahkan ayam yang telah disuwir
  6. Terus tuangkan gula, garam, kaldububuk serta kecapmanis,
  7. Setelah itu koleh merata terus kecilkan api agar bumbu benar-benar meresap.
  8. Terakhir cemplungkan cabairawit utuh
  9. Masak sebentar saja agar tidak pedas buat anak-anak.
LihatTutupKomentar